Saturday, August 2

Balapan Sepeda Keliling Kampus

Sirene mobil Suzuki Karimun yang dipakai oleh Satpam UI beberapa kali lewat. Mungkin hanya keliling biasa, pikir saya. Soalnya hari Minggu biasanya banyak yang olahraga di kampus. Mereka sering keliling untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Karena kadang-kadang ada beberapa pedagang kaki lima suka jualan di dalam kampus yang memang sudah lama dilarang. Namun tidak seperti biasa mobil security tersebut kembali berputar dan berputar lagi.

Suara sirene tersebut cukup menyita perhatian yang sedang olahraga, ada yang jogging, main futsal, main voli dan main bola basket. Saya sendiri saat itu sedang main basket di lapangan politeknik UI. Sudah sejam lebih saya main. Segera saya sudahi. Saat duduk-duduk santai, sambil melihat kawan lainnya yang main, ada dua orang mahasiswi berjas kuning menghampiri sambil membawa "nampan" berisi beberapa gelas plastik, "kakak, mau beli air sirup segar, terbuat dari sarang walet dan agar-agar, yang ini harganya 2 ribu dan yang ini 3 ribu rupiah"?, sambil

menunjukkan dua gelas plastik yang berbeda. Karena haus habis main, saya ambil yang harganya 2 ribu. "Kirain gratis mbak"?!!, mereka hanya tersenyum sambil berlalu mengucapkan terima kasih. Ada saja para mahasiswa ambil inisiatif untuk memanfaatkan saat olahraga seperti ini menjadi bisnis. Ya, syah...syah saja kok.

Setelah keringat badan agak kering. Saya keluar dari arena lapangan basket. Ingin pulang. Tapi pada saat itu ada beberapa security kampus yang sedang mengamankan jalan dan mengalihkan lalu lintas sepeda motor seperti ha
lnya pejabat mau lewat. Tampak beberapa mahasiswa dan mahasiwi yang berseragam UI juga menjaga di beberapa sudut jalan. Rupanya mau ada balapan sepeda.

Acaranya dinamakan UI Bike Competition. Salah seorang dari yang saya temui mengatakan bahwa acara ini terbuka untuk umum. Diadakan oleh BEM Fakultas MIPA. Menurutnya, acara ini diselenggarakan untuk mensosialisasikan pemanfaatan sepeda sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan dan menyehatkan. Beberapa doorprize dan hadiah senilai total 20 juta rupiah diperebutkan.

Sementara itu, pihak keamanan kampus agak sulit untuk mengamankan track sepeda yang akan dilalui. Mengingat banyak sekali kendaraan yang berlalu lalang. Memang kampus UI dipakai sebagai jalan akses Margonda - Kukusan Beji. Setiap saat pasti ramai, apalagi saat ini adalah hari Minggu. Pasti lebih ramai. Suatu kali untuk alasan keamanan, akses masuk dari Pondok Cina ditutup oleh pihak kampus. Namun tindakan tersebut menuai protes dari para tukang ojek yang berujung pada perusakan pagar. Apakah dibenarkan reaksi demikian ya? Saya sendiri yang tinggal Kukusan sangat kesulitan jika akses tersebut ditutup. Harus cari jalan lain yang lumayan jauh. Semua akses masuk kampus tertutup dari jam 23.00 malam sampai pagi hari. Bayangkan kalau ini betul-betul ditutup.



Tak lama setelah pengamanan track yang akan dipakai untuk balapan. Peserta kompetisi balap sepeda mulai dengan konvoi keliling tracknya sebagai pemanasan. Saya lihat dari konvoi peserta balapan. jumlahnya tidak banyak. Bahkan ada yang tidak memakai sepeda balap. Ada yang pakai sepeda "jengki", sepeda onthel, bahkan sepeda unta yang dihiasi dengan aksesoris aneh-aneh. Salah satunya adalah di tempat lampu depannya diganti dengan kepala kambing lengkap dengan tanduknya. Saya tidak bisa memastikan dari dekat, apakah kepala tersebut memang benar potongan dari kepala kambing. Idih...ingat sama tindakan mutilasinya Ryan yang menghebohkan Nusantara. Tapi kalau yang dimutilasi kambing, saya mah mau aja.

"Berapa jumlah pesertanya mas"? tanya saya pada seorang laki-laki yang berjaket abu-abu sedang menjaga jalan. "Pastinya saya tidak tahu ya mas. Saya juga baru-baru ini dikontak karena kurang tenaga, maka saya cepat-cepat datang. Setahu saya sih kemarin malah baru 16 orang, tapi tadi konvoi sudah lumayan banyak. Memang ini acara baru pertama kalinya diadakan di kampus, jadi kurang sosialisasi dan publikasi," ungkapnya. Dari jumlah yang ikut konvoi tadi yang saya lihat, kurang lebih ada 60 orang. Terdiri dari cewek-cewek yang jumlahnya lebih sedikit, mungkin kurang dari 15 orang, dan cowok-cowok. Umurnya variatif, ada yang masih muda, bapak--bapak, dan remaja.

Start balapan di depan balai sidang UI dan berakhir juga di tempat tersebut. Panjang track balapan, sepanjang keliling kampus 3 kali putaran. Dimulai dengan para bike-racer dari kaum hawa dulu. Disusul beberapa menit kemudian para laki-laki. Wah..sepeda saya lagi bocor nieh, terpaksa tidak bisa ikut deh...lain waktu kalau ada balapan lagi ikutan yuuk...Sudah siang, pulang dulu ke kost.


Kukusan
Ahad 3 Agustus 2008

No comments: