Wednesday, August 6

Mampir Kubah Emas


Alhamdulillah bisa mampir lagi di Masjid megah nan mewah ini. Kurang lebih setahun sudah tidak mampir sejak jum'atan pertama kali di sini. Sebelah utara dibuat jalan untuk tamu yang langsung menuju Masjid. Sepanjang jalan tersebut banyak warung-warung jajan dan cenderamata. Kalau bawa motor, tersedia parkir motor.

Sore itu hawanya cukup cerah. Tidak ada hujan. Tidak juga terlalu panas. Kumandang adzan ashar sudah lewat. Kesempatan berjama'ah pun lewat. Dinginnya air membasuh menyirami wajah. Kepenatan akibat dari padatnya lalu lintas Cinere - Meruyung agak terobati dengan teduhnya suasana dalam Masjid. Usai salat sempat baca Yasin sebentar. Terasa damai hati ini. Rasa pusing pun hilang.

Taman-taman semakin asri. Menambah keindahan alam bertembok nan luas, konon sampai 60 hektar. Dulu, memang belum selengkap ini. Pot-pot di atas rerumputan tertata berjajar rapi. Setiap pagi dan sore bunga-bunga dan tanaman-tanaman otomatis mendapat jatah dari siraman air. Kurang lebih 5 menit air tersembur membasahi bumi. Kian menambah sejuk dan teduh di luar Masjid. Angin pun bertiup sepoi-sepoi.

Menurut salah satu penjaga, setiap hari buka untuk salat berjama'ah. Kecuali hari Kamis. Seharian ditutup guna pengecekan dan pembersihan secara menyeluruh. Setiap hari Selasa, Rabu, Sabtu dan Minggu, sebelum dzuhur ada tausiyah, semacam kuliah yang diisi oleh para ulama secara bergantian.

"Sesungguh- nya mesjid yang didirikan atas dasar taqwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih" at Taubah : 108

Kukusan, 6 Agustus 2008
Tengah malam

No comments: