Friday, December 19

PAMERAN MOTOR DI JCC




Sabtu malam, 13 Desember 2008, minggu lalu, saya diajak nonton pameran motor di Jakarta Convention Center. Katanya meriah acaranya. Segala macam merk motor ada. Apalagi pabrik-pabrik motor yang leading saat ini, Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Kanzen, dan Bajaj. Seluruh ruangan diisi display motor dari yang jadul sampai teranyar. Supaya lebih mentereng dan kelihatan mewah. Masing-masing stand ditongkrongin motor yang “naudzubilleh” harganye (kata orang Betawi). Seperti di stand Honda, ada motor yang dilabelin harga 315 juta, seharga dengan mobil Toyota Altis. Wooow….

Di Yamaha juga ada motor balapnya Rosi. Saya tidak hafal semua jenis-jenis motor balap. Selain motor-motor kelas kacang, dipajang juga MOGE (Motor Gede) buatan Yamaha. Tapi di antara semua yang dipajang, saya lebih suka sama motor yang namanya BM1 Yamaha yang ditaruh pas di pintu masuk. Bentuknya persis dengan motorku sekarang, Yamaha V-ixion, tapi lebih besar dan lebih mantab.


Dibanding sama yang lainnya di stand Yamaha, Yamaha V-ixion memang sedang jadi primadona. Maklum motor semi gede pertama yang Fuel Injection. Servisnya mudah banget. Di dealer, kemarin Senin, tinggal dicolok pake alat “diagnose tool”, terdeteksi deh seluruh mekaniknya mana yang lagi rusak atau tidak normal. Tiga hari yang lalu aku baca di suatu media massa, kalau Yamaha V-ixion mendapat penghargaan “Indonesian Motorcycle Of The Year” mengalahkan 6 finalis lainnya. Ketujuh kontestan yang terpilih yaitu bajaj Pulsar 200 DTS-i, Honda Beat, Honda Supra X125 PGM-FI, Honda Vario, Kawasaki Ninja 250 R, Suzuki Satria F150 and Yamaha V-IXION. Wuih selamat yaa…, berarti nggak salah pilih dong meskipun belum lunas…

Setiap stand pabrikan motor ditunggui sama yang namanya SPG-SPG (Sales Promotion Girl). Tujuannya jelas, selain melayani informasi seputar motor yang dijual, dengan style dan dandanan mereka diharap menarik sebanyak mungkin pengunjung untuk mampir ke standnya. Paling tidak bertanya-tanya soal motor pada saat itu bisa bagi-bagi brosur deh.


Selain stand-stand motor ada juga stand-stand untuk berbagai jenis helm, berbagai aksesoris buat motor, ban motor (Swallow), dan varian box untuk motor. Memang benar, meriah banget. Apalagi malam minggu. Banyak sekali pengunjungnya. Bahkan ada yang dari luar kota sengaja datang untuk melihat model-model motor. Beberapa orang juga ada yang pesan di tempat.


Dunia otomotif memang tidak ada matinya. Meski krisis ekonomi melanda, bisnis otomotif, khususnya motor, tetap saja demandnya tiap tahun meningkat. Lihat saja, kurang lebih ada 50 motor Kawasaki 250 cc berbodi gede, berjejer rapi di depan JCC. Mereka datang dari seluruh penjuru JABOTABEK yang khusus datang malam itu. Mereka tergabung dalam club motor bernama “Ninja Club”. Indonesia menjadi pasar yang empuk bagi produsen otomotif. Benar nggak, kira-kira begitulah…..banyak yang jual tanahnya asal bisa beli motor. Ada anak yang nekad minggat karena tidak dibelikan motor oleh orangtuanya. Gile nggak tuh….?

Ciputat, 19 Desember 2008

No comments: