Monday, March 12

Gempa di Padang


Beginilah gambaran gempa yang terjadi di Sumatera Barat. Bedanya dengan Yogyakarta, terletak pada medannya. Di Ngarai Sihanaouk, bukit yang curam dan rumah-rumah penduduk di atasnya nyaris longsor ke kedalaman jurang yang cukup tinggi. Sebuah pemandangan yang tragis. Belum lagi beberapa kawasan yang jaraknya satu sama lain berjauhan dan medan yang sulit.
Gempa yang berkekuatan 5,8 Skala Ricther mengakibatkan hampir seluruh kabupaten di Sumbar rusak. Hanya kota Padang saja yang tidak terlalu parah. Wasekjen DPP PPP, Husnan Bey Fananie, beserta rombongan dari Jakarta membawa bantuan untuk korban gempa. Bantuan berupa aneka makanan, beras 10 ton, sarung, dan kebutuhan lainnya, dibagikan di wilayah sekitar danau singkarak, tanah datar, dan Solok. Kesulitan medan yang membuat tidak bisa ke Payakumbuh dan Padang Panjang.
Lain di Sumatera Barat lain di Manggarai. Gempa yang terjadi di Manggarai NTT telah menimbulkan banyak kerusakan. Belum banyak bantuan yang datang disebabkan oleh sulitnya medan. Banyak longsoran-longsoran tanah yang membuat jalan putus dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Semoga para korban gempa diberi ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi musibah ini. Sebab di balik musibah pasti ada hikmah yang tersembunyi yang khusus diberikan pada mereka yang berusaha untuk bangkit kembali.
"Dan musibah menimpa mereka, mereka berkata 'Sesungguhnya kita adalah milik Allah, dan sesungguhnya kita akan kembali pada-Nya' ".

No comments: