Monday, January 28

Penelitian ke pondok


Betapa syukurnya aku bisa memulai kegiatan penelitianku. Tempat yang jadi objek kajian saya tak lain adalah almameter saya dulu, Gontor. Lengkapnya Pondok Modern Darussalam Gontor. Gontor sekarang dengan 3-4 tahun yang lalu sudah banyak berubah. Tentunya perubahan menjadi lebih baik dan maju lagi. Baik dari segi manajemen dan sistemnya. Begitu cepat perkembangan yang terjadi sampai akhir tahun 2007 ini. Khusus di tahun 2007 saja berdiri 4 cabang pondok di tempat-tempat yang berbeda, di Aceh, Kediri, Lampung dan Poso. Untuk yang terakhir belum selesai betul pembangunannya.

Berangkat dari rumah ke tempat penelitian tanggal 22 Januari 2008, namun baru tanggal 24 sampai di Gontor. Sebelumnya mampir dan menginap di Gontor Putri di Mantingan. Dengan mengendarai sepeda motor saya menempuh perjalanan. Alhamdulillah dalam perjalanan, lancar-lancar saja. Rencananya siang itu ketemuan dengan seorang kawan dari Surabaya di Mantingan. Baru kemudian ta'ziyah ke Klaten, tempat almarhumah Ny. Kastiani, istri Ust. Hidayat Nur Wahid akan dimakamkan. Oleh karena kedatangan teman agak siang, setengah dua belas, maka rencana itupun batal.


Keesokan harinya saya pun ke Gontor. Menempuh perjalanan dari dalam rute Walikukun - Magetan - Parang lalu tembus Ponorogo. Lumayan jauh juga jalannya.Yang penting tidak terlalu panas dan tidak bersimpangan dengan mobil-mobil berbodi besar. Rute yang saya tempuh memang melewati hutan dan perbukitan. Satu rute dengan perjalanan yang akan menuju Telaga Sarangan Magetan, tapi lain arah tujuan.


Tiba di Gontor saya langsung menuju kantor sekretaris. Siang itu panas banget. Saking gerah dan panasnya, saat itu turun hujan tapi kondisi langit lagi terang. Hanya sebagian yang tertutup awan. Batal pula rencanaku untuk langsung bersilaturrahim ke rumah bapak Pimpinan, KH. Abdullah Syukri di rumah barat kampus. Baru selesai magrib saya dapat berjumpa di kantor Pimpinan. Pertanyaan pertama beliau menanyakan posisi saya sekarang di mana dan sedang apa. Pertanyaan selanjutnya menanggapi tentang rencana penelitian saya, tentang apa yang diteliti dan mana proposalnya.


Hari ini memasuki hari ke 6 saya penelitian. Berbagai macam data dari observasi, wawancara dan dari beberapa dokumentasi telah saya kumpulkan, termasuk wawancara dengan salah satu Pimpinan Pondok. Yang paling melelahkan adalah menulis hasil observasi. Dalam ilmu kita, antropologi, itu dinamakan penulisan fieldnote atau catatan lapangan. Sepertinya ini juga menjadi fokus saya juga. Mengingat bukan hanya thesis yang dibuat dan diserahkan waktu mau ujian nanti, tapi juga catatan lapangan harus diserahkan.


Wahhh..wahhh sampai sini dulu, ntar nyambung. Masih banyak yang perlu diceritakan. Mybe, mau buat laporan mengenai penelitian ini buat pembimbing thesis.

No comments: