Friday, December 14

Akhirnya, akan seminar juga….




Tak kebayang sebelumnya, bisa menyelesaikan draf proposal penelitian. Sudah hampir selesai satu semester. Alhamdulilah disetujui juga usulan proposal saya. Sejak pertama mengajukan judul kepada pembimbing akademik, saya hitung sudah tiga kali ganti topik. Meski sulit untuk mendapat waktu konsultasi dengan pembimbing akademi Prof. Afid, namun cukup berharga sekali kesempatan untuk bertemu beliau.

Bukan main senangnya hati ini. Saat mendengar langsung dari pembimbing kalo proposalku disetujui dan suruh diserahkan ke jurusan untuk diseminarkan. Meski saat itu hati gundah mendengar adik dirawat di rumah sakit karena DB. Tanpa pikir panjang hari itu juga aku langsung serahkan ke jurusan dan bersiap-siap berkemas untuk pulang menjenguk adik yang sedang sakit sambil menunggu jadwal seminar.

Sudah seminggu kepulanganku. Alhamdulillah adik telah sembuh dan boleh pulang. Saya kembali ke Jakarta. Setelah empat hari di Jakarta, hari Kamis kemarin baru aku mendapat kabar kalau senin 17/12/2007 disuruh siap-siap untuk seminar bareng mbak Kun, periode sebelum saya. Wah kudu nyiapin untuk presentasi nih. Aku berdoa supaya lancar dan lulus seperti mbak Fikri kemarin.

Diskusi informal bersama kawan-kawan pasca antrop cukup memberi support bagi saya untuk segera menyelesaikan proposal ini. Suasana keakraban di kampus membuat saya bersemangat. Mereka bisa kenapa saya tidak. Saya harus banyak belajar. Banyak membaca. More reading more knowledge we got.

Selain diskusi informal di pojokan kantin, teman-teman juga terlibat diskusi di dunia maya. Kita tergabung dalam milis pasca-antrop UI yang dimoderatori oleh saudara Yusran Darmawan. Dari topik kangen-kangenan sampai diskusi masalah teori. Intinya, kita faham bahwa dengan tukar pikiran kita akan lebih memperluas wawasan kita. Dengan selalu sharing, kita selalu mendapat inspirasi. Ide-ide baru sering muncul dari obrolan yang tidak terencana. Untuk lebih memperkuat kekompakan kawan-kawan rencana bertahun baru di Halimun. Wuah liburan yang menarik tuh.

Sebentar lagi hari raya iedul qurban. Pemerintah menetapkan bahwa hari raya jatuh pada Kamis, 20 Desember 2007. Belum ada rencana mau merayakannya dimana. Terlebih dahulu saya ingin selesaikan urusan seminar proposal ini. Syukur-syukur dapat bantuan dana penelitian. Saya akan mencari info dimana yang dapat memberi bantuan dana penelitian. Menurut salah satu kawan, bahwa di depag yaitu bagian perguruan tingginya tersedia bantuan dana penelitian. Jika tidak ada halangan, saya ingin merayakan ied di Cirebon di tempat kakak iparku. Kakak ipar sekeluarga berencana merayakan ied di Cirebon.

Jum’at siang, 14/12/2007, beberapa kawan berkumpul bersama ibu Suraya dan mas Toni, keduanya adalah dosen di jurusan antropologi. Agenda siang itu membicarakan untuk membentuk suatu komunitas yang berminat dalam kajian agama dan budaya. Begitu banyak isu agama dan budaya menjadi topik sangat relevan saat ini. Namun disayangkan belum ada komunitas yang mendukung peminatan kajian tersebut. Saat itu kita berjumlah 8 orang bersepakat untuk membuat komunitas tersebut. Tugas awal dari anggota tersebut adalah membuat semacam review atas literatur-literatur yang berkaitan dengan kajian agama dan budaya. Untuk keperluan tersebut saya membuat milis untuk media komunikasi kita. Milis tersebut saya namai antropagama_UI. Rencana kita akan kembali berkumpul pada selasa, 8/1/2008.

Kegiatan-kegiatan edukatif semacam ini menjadi penyemangat bagi diri saya. Terlebih lagi gairah untuk terus belajar dan berproses. Akhirnya, saya berdoa semoga seminar proposal dan kegiatan penelitian dapat lancar dan dimudahkan oleh Allah SWT. Amin ya Rabbal ‘alamin.






No comments: