Wednesday, December 19

Ied Mubarok, Iedul adha (2)


Pagi-pagi sebelum subuh aku sudah bangun. Pagi itu memang agak "gasik" bangunnya. Maklum semalam jam 22.00 saya sudah tidur. Malam ini saya menginap di tempatnya mbak Enen Bekasi. Sebab keesokan harinya saya akan ikut mengantar rombongan ke Mantingan dan Gontor. Syukurlah, sekalian silaturrahim ke pondok.

Kumandang takbir menyongsong datangnya pagi. Sejak subuh speaker masjid terus menerus mengumandangkan takbir tanpa berhenti. Sepertinya memanggil-manggil para jama'ah untuk bersegera datang. Salat ied akan sebentar lagi dilaksanakan. Hewan-hewan sembelih sudah siap dikurbankan.

Rencana selesai salat ied. Kita bersama menuju kediaman ust. Rusydi. Rencananya menjemput mbak Uke sekeluarga. Sebenarnya berhajat ke pondok adalah mbak Uke dan anak-anaknya. Mbak Uke dengan ketiga anak-anaknya ingin ke pondok menengok suaminya. Mumpung pas liburan, katanya. Yakni dari hari ied, natal dan tahun baru yang bersambungan. Setelah beres-beres sebentar kita langsung berangkat.

Syukur proposal penelitianku telah disetujui dan lulus. Tinggal melakukan penelitian di Gontor. Pembimbing thesis Prof. Afid, meminta saya setelah natalan dapat membicarakan proposal tersebut secara terfokus. Untuk lebih jelas operasionalnya di lapangan nanti. Selain itu juga mempersiapkan apa-apa sebelum ke lapangan.

Siang ini rencana berangkat ke Jawa. Entah lewat utara atau selatan saya belum tahu. Mana yang tidak macet deh. Soalnya, lalu lintas dari Jakarta mestinya ramai menyongsong liburan berantai di akhir tahun ini. Yang penting kita jalan santai saja kok. Tidak ngebut-ngebut. Alon-alon waton kelakon.


Ma'a salamah fii amanillah

No comments: