Monday, December 17

Proposalku diterima



Syukur alhamdulillah, proposalku lolos. Dosen bilang kalau proposal saya diterima dengan segala kekurangannya. Informasi diterimanya proposal saya dapat langsung dari
mbak Tina, salah satu staf di jurusan antrops. Kebetulan saat itu disitu ada Prof. Afid. Setelah tahu saya lulus, saya langsung tanyakan kepada beliau bagaimana langkah
selanjutnya. Beliau memberitahu kalau sekarang tinggal bimbingan saja. Kebetulan lagi, beliau sendirilah yang menjadi pembimbing penelitianku, alhamdulillah.

Beliau meminta nanti setelah natalan didiskusikan lebih
lanjut. Sebab dari tanggal 20 sampai tanggal 25 Desember kegiatan di kampus libur. Kalau tidak tanggal 26 atau 27 saya diminta untuk menghubungi beliau. Sebelum ke lapangan, masalah metodologi dan arah fokus penelitian juga sudah harus jelas. Diharapkan dengan bimbingan masalah menjadi jelas. Untuk sementara saya perlu banyak referensi lagi. Khususnya buku-buku tentang karya etnografi. Karena saran dosen, penelitian saya lebih diarahkan ke etnografi pesantren.

Dalam penelitian kualitatif lebih diutamakan emik, baru kemudian etik untuk menganalisa. Dalam prosesnya kemudian terjadi dialog antara emik dan etik. Begitulah saran dari prof. Afid. Bagi saya ini adalah sebuah pekerjaan rumah bagaimana memahami jalannya proses tersebut.

Jika tidak ada halangan. Penelitian ini akan saya mulai pada bulan Januari ini. Satu hal yang tidak ingin saya tinggalkan adalah kebiasaan diskusi dan komunikasi bersama teman-teman kuliah. Karena mereka menjadi inspirasi saya untuk terus belajar dan maju sebagai calon antropolog. bravo antropolog dan antropologi.

No comments: